7 Tips Berlari Agar Resolusi Kebugaran Anda Bertahan Lama

Pada tahun baru, ribuan orang membuat resolusi untuk mengubah atau meningkatkan kebiasaan kesehatan mereka.

Rutinitas kebugaran yang ditingkatkan sering kali mengarah pada tujuan yang lebih besar, seperti menyelesaikan maraton. Namun, jarak dari sofa ke lari sejauh 26,2 mil masih jauh, dan banyak dari kita yang melupakan resolusi kita saat Februari tiba.

Tahun ini, cobalah sesuatu yang baru dengan tips berikut agar resolusi lari Anda bertahan lama. Seperti biasa, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan baru. Setelah Anda mendapat lampu hijau, berikut beberapa langkah untuk mewujudkannya.

  1. Persiapkan Diri Anda untuk Sukses
    Meskipun lari merupakan aktivitas yang hebat karena hanya memerlukan sedikit peralatan dan dapat dilakukan hampir di mana saja, ada beberapa hal yang penting. Sepatu lari yang berkualitas hampir tidak dapat ditawar lagi untuk mengurangi cedera yang dapat menghambat keberhasilan Anda. Pakaian yang tepat dan hidrasi yang cukup juga sangat penting dan akan membantu Anda menjaga rutinitas lari Anda. Jangan lupa untuk melakukan peregangan!
  2. Tetapkan Sasaran Proses
    Bagi pelari yang baru mengenal olahraga ini, sasaran jarak mungkin mengecewakan saat mereka membandingkan diri mereka dengan teman-teman mereka yang sudah berpengalaman. Sebaliknya, tetapkan sasaran yang mendorong proses tersebut, seperti berlari atau joging empat hari seminggu. Setelah kebiasaan Anda terbentuk dengan baik, Anda dapat mengalihkan fokus Anda ke jarak dan waktu.
  3. Bersainglah dengan Teman-teman Anda
    Peneliti telah menentukan bahwa saat orang berkompetisi dalam permainan yang melacak kemajuan mereka dengan teman-teman untuk mendapatkan hadiah, mereka cenderung mencapai tujuan mereka. Teknologi yang dapat dikenakan dan aplikasi yang terhubung memudahkan untuk melacak kemajuan Anda, dan visibilitas kepada orang lain meningkatkan akuntabilitas Anda. Teman-teman yang peduli kebugaran lainnya dapat melacak dan membandingkan kemajuan Anda, baik itu langkah, mil, atau menit. Jadi, bergabunglah dengan beberapa teman tahun ini untuk kompetisi persahabatan guna mendorong diri Anda mencapai tujuan Anda. Hadiahnya terserah Anda! Situs web dan aplikasi dapat membantu memfasilitasi tantangan ini bersama teman-teman.
  4. Bayar
    Pakar psikologi tahu bahwa perubahan perilaku berasal dari pemberian hadiah atas perilaku yang baik, tetapi juga dari pemberian hukuman atas perilaku yang tidak diinginkan. Aplikasi yang lebih baru telah mengadaptasi pengkondisian operan ini ke sasaran kebugaran, tetapi Anda dapat melakukan hal yang sama sendiri. Siapkan sistem dengan pasangan, anak, atau orang terkasih untuk menguraikan sasaran harian Anda dan hukuman yang sesuai jika Anda tidak mencapainya. Misalnya, jika Anda tidak lari pagi, Anda harus mencuci piring, membuatkan sarapan untuk pasangan di tempat tidur, atau membayar mereka. Cobalah membuat hukuman lebih berat daripada alasan apa pun untuk tidak berlari sehingga mencapai sasaran Anda selalu menjadi pilihan yang lebih baik.
  5. Berlari (atau Berjalan) dengan Tujuan
    Berlari untuk menjemput anak-anak dari sekolah dan berjalan pulang bersama mereka. Berlari ke bank untuk menyetor uang. Berlari ke taman untuk memberi makan bebek. Berjalan di suatu area untuk menikmati pemandangan yang indah. Apa pun cara Anda melakukan langkah-langkah tersebut, masukkan gerakan sebagai bagian yang menyenangkan dari kehidupan sehari-hari Anda.
  6. Berkomitmenlah untuk Mengikuti Perlombaan dan Berlatihlah untuk Itu
    Baik maraton atau 5K, berlari dalam perlombaan bisa sangat memotivasi. Perlombaan bertema dapat menambah kesenangan dan kenikmatan perlombaan, dan maraton di lokasi yang indah dapat mengubah resolusi lari menjadi alasan untuk liburan seumur hidup. Misalnya, Abbott World Marathon Majors menyelenggarakan maraton di Tokyo, London, Boston, New York, Chicago, dan Berlin. Daftar untuk mengikuti perlombaan, buat reservasi, dan dapatkan pelatihan!
  7. Hindari Rasa Bersalah
    Membuat perubahan gaya hidup yang sehat jarang merupakan upaya yang linier. Pelatihan Anda kemungkinan akan mengalami pasang surut. Setiap orang memiliki hari-hari di mana mereka memilih menonton film di sofa daripada berlari. Kuncinya adalah jangan biarkan kesalahan jangka pendek menggagalkan tujuan jangka panjang Anda. Rayakan keberhasilan Anda tanpa berkutat pada kekurangan. Dan besok, kenakan sepatu Anda dan mulai berlari.

Sama seperti menghentikan kebiasaan lama, membuat kebiasaan baru bisa jadi sulit. Resolusi kebugaran adalah kesempatan bagus untuk membuat perubahan yang sehat, dan dengan ide latihan dan tips lari, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda akan menaatinya.